tugas 1 membaca teks cerpen "juru masak"

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Halaman 13

Untuk memudahkan kalian dalam mengerjakan pr. Saya kasih tau nih.. Kunci jawaban buku cetak bahasa indonesia kurikulum 2013 yang halaman 13. 
Pembuatan kunci jawaban ini dimaksudkan untuk membantu kalian dalam mengerjakan pr dan setelah itu untuk kalian pelajari, karena biasanya latihan latihan soal itu adalah hal hal penting dalam bab yang telah dipelajari, dan kemungkinan akan muncul di ulangan. Jadi saya tidak bermaksud untuk membuat kalian menjadi malas. Selamat mengerjakan!

4. Apakah permasalahan yg dihadapi tokoh dalam cerpen juru masak? Dapatkah tokoh tersebut menemukan solusi atas permasalahan yg dihadapinya?
Jawab : tokoh azrial 
permasalahan : patah hati karena magkudun ayah dari renggogeni tidak merestui hubungan mereka
solusi : akhirnya azrial pergi mengadu untung di jakarta
tokoh makaji 
permasalahan : bimbang antara ikut anaknya ke jakarta atau menepati janjinya membuatkan kenduri
solusi : ikut anakny ke jakarta dan tidak memenuhi janjinya membuatkan kenduri
5. Sikap kewirausahaan apa yang dapat kalian teladani dari cerpen juru masak damhuri muhammad?
Jawab : kegigihan azrial dalam membangun usahanya,yang semula ia hanya seorang pencuci piring di rumah makan dan ia bisa memiliki enam buah rumah makan dan 24 karyawan.
6. Bagaimana pendapat kalian tentang perjuangan tokoh dalam cerpen "juru masak" tersebut?
Jawab : Dalam cerpen "Juru Masak" tokoh yang diceritakan seperti Makaji dan anaknya, Azrial, berjuang cukup keras. Mereka adalah orang yang sabar, ikhlas, berani mengambil risiko dan pantang menyerah.
7. Jika kelak kalian berprofesi sebagai pengusaha, apa yang harus kalian lakukan ketika menghadapi hambatan yang menghadang?
Jawab : Selalu berusaha dan pantang menyerah,berdoa kepada Allah supaya diberi kemudahan di dalam apa yang kita kerjakan.
Bangkit dari kegagalan yang telah terjadi pada diri kita,
Mengoreksi kesalahan yang membuat kita
8. Jika Kalian Melakukan Hal Yang Positif, Tetapi Hal Tersebut Bagi Sebagian Orang Masih Merupakan Hal Yang Ganjil, Contohnya Kalian Berjualan Di Sekolah, Tetapi Tidak Menggangu Kegiatan Belajar, Dan Teman-Teman Kalian Mencomooh Kalian, Bagaimana Tanggapan Kalian?
Jawab : Sebaiknya jika niat kita untuk berjualan kuat, dan hal itu memang baik. Kita tidak perlu memikirkan teman yang mencemooh kita. Lanjutkan saja usaha kita dengan tekad yang kuat 
9. Bagaimana cara kalian menunjukan simpati atau empati kepada teman yang sedang mengalami kesulitan?
Jawab : Mencoba bertanya apa kesulitan yang dihadapi.
Membantu mencari solusi / jalan keluar dari masalahnya
Membanu semampunya
10. Jika teman kalian meraih sukses apa yang akan kalian lakukan?
Jawab : berusaha dan lebih giat lagi dalam segala hal agar mencapai sukses seperti teman tersebut dan juga ikut senang atas keberhasilannya

Komentar